Langkah Tepat Mendidik Anak agar Berkepribadian Baik

Pendidikan karakter sangat penting untuk membentuk kepribadian anak yang baik sesuai dengan norma yang berlaku. Budi pekerti yang baik juga akan membuat anak bijaksana dalam mengambil keputusan dalam hidupnya. Lalu, bagaimana caranya? Orami Magazine memberikan saran mengenai cara mendidik anak agar berkepribadian baik seperti berikut.

  1. Memberikan Pendidikan Agama

Mengingat pentingnya moral dalam menjalankan kehidupan bersama sebagai makhluk sosial, sebaiknya Anda menerapkan pendidikan agama sebagai dasar kehidupan. Anda harus memberikan pengertian, pemahaman, dan penerapan pendidikan agama sesuai kepercayaan yang dianut. Pendidikan agama ini bisa memberi efek positif dalam berpikir dan berperilaku.

Agama mengandung nilai-nilai moral yang baik dan sangat berguna bagi kehidupan. Nilai moral lainnya juga bersumber dari agama sebagai pedoman hidup. Untuk itu, Anda bisa memberikan pendidikan agama sejak anak masih kecil.

  • Memberikan Pemahaman Moral yang Baik

Setelah memberikan pendidikan agama, pemikiran dan perasaan anak akan jauh lebih tenang serta mudah dalam memahami banyak hal. Dalam rangka membentuk kepribadian anak yang bermoral, sebaiknya berikan pemahaman moral yang baik. Berikan pengertian dan pemahaman tentang moral berdasarkan norma yang berlaku.

Ajarkan anak berperilaku sesuai dengan pedoman norma-norma yang berlaku, seperti norma agama, kesopanan, kesusilaan, dan hukum. Keempat norma tersebut mengandung banyak sikap di dalamnya yang harus dimengerti anak. Sebagai garis besarnya, anak diharapkan mampu bersikap sopan, santun, toleransi, tolong menolong, sabar, dan sebagainya.

  • Memberikan Contoh

Contoh adalah bagian terpenting yang mudah dimengerti oleh anak. Jadi, orang tua harus memberikan contoh dan bersedia menjadi teladan dalam berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. Anda harus bisa bersikap bijaksana dengan sabar dalam mendidik dan memahami tanggapan anak selama ia belajar bersikap.

Lama kelamaan, anak akan tergerak mengikuti sikap baik yang Anda contohkan mengingat pembentukan moral memang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu, tetaplah memberikan contoh baik kepada anak sesuai dengan saran di Orami Magazine ini.

  • Melatih Anak dalam Pengambilan Keputusan

Cara keempat yang perlu diterapkan untuk mendidik anak agar berkepribadian baik adalah dengan melatihnya dalam mengambil keputusan terbaik. Setelah memberikan pemahaman, pendidikan, dan contoh berperilaku baik, selanjutnya perlu untuk membiasakan anak dalam menerapkan perilaku baik tersebut.

Studi kasus adalah salah satu cara terbaik untuk membiasakan diri anak dalam bersikap baik di berbagai situasi. Jika anak sudah bisa berperilaku baik, berikan kesempatan pada anak untuk mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai latihan, berilah dua atau tiga pilihan solusi dalam menyelesaikan masalahnya. Nantinya, anak akan memilih yang menurutnya paling tepat. Pahami keputusan anak tersebut dan perbaikilah jika kurang tepat, namun jangan memarahi atau menghakiminya.

  • Mengingatkan Adanya Konsekuensi dari Setiap Perbuatan

Semua hal pasti ada risikonya, termasuk keputusan yang diambil. Karenanya, Anda harus memberi pengertian dan pembelajaran kepada anak tentang adanya konsekuensi dari setiap perbuatan. Pelatihan ini akan membentuk kecerdasan dan kehati-hatian anak dalam mengambil keputusan dalam hidupnya.

Semua cara tersebut sangat efektif untuk memberikan pengertian dan pemahaman kepada anak mengenai pentingnya berperilaku baik sesuai norma. Pendidikan agama juga sangat penting dan menjadi dasar dalam membentuk karakter mulia. Dengan panduan dari Orami Magazine ini, si kecil akan terus belajar dan mampu membentuk kepribadian baiknya.